Hasil Tracer Studi
Tracer studi dilaksanakan untuk mengetahui respon para lulusan terhadap proses yang didapat selama studi. Hasil tracer studi digunakan sebagai bahan evaluasi diri Program Magister Ilmu Kehutanan (PS MIK) dan selanjutnya dilakukan strategi perbaikannya. PS MIK melaksanakan tracer studi dengan jumlah responden sebanyak 47 lulusan pada tahun 2023. Tracer studi mencakup persepsi lulusan terhadap pengetahuan yang didapat, pengembangan kemampuan pembelajaran, pengembangan softskil, pengembangan kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan manajerial. Hasil tracer diolah menjadi sebuah indeks dengan mengalikan persentase terhadap masing-masing nilainya (1-5). Nilai indeks berada dalam range 0-1 dengan target indeks sebesar 0,7.
Tracer studi terhadap pengetahuan yang didapatkan selama studi meliputi pengetahuan umum, pengetahuan teoritis bidang ilmu, kemampuan berpikir lintas disiplin ilmu, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan penyelesaian masalah. Hasil tracer menunjukkan lulusan merasa pengetahuan yang didapat bervariasi dari sedang sampai sangat puas. Indeks kepuasan bervariasi antara 0,80-0,83 (Grafik 1.). Hal ini menunjukkan semua item pertanyaan menunjukkan respon dari lulusan dengan nilai berada di atas target bahkan di atas 0,8.
Tracer studi terhadap pengembangan kemampuan dalam pembelajaran yang didapatkan selama studi meliputi kemampuan belajar mandiri sepanjang hayat, kemampuan pengembangan diri, berpikir reflektif, data analytics, dan kemampuan penggunaan teknologi informasi. Hasil tracer studi menunjukkan lulusan merasa pengetahuan yang didapat bervariasi dari sedang sampai sangat puas. Indeks kepuasan bervariasi antara 0,79-0,83 (Grafik 2). Hal ini menunjukkan semua item pertanyaan mendapatkan respon berada di atas target. Berdasarkan Grafik 2 dapat dilihat bahwa kemampuan analisis data relatif lebih rendah dibandingkan dengan item-item pertanyaan yang lain.
Tracer studi terhadap pengembangan softskil yang didapatkan selama studi meliputi kepemimpinan, berpikir reflektif, adaptasi, etika dan integritas, dan inovatif. Hasil tracer menunjukkan lulusan merasa pengetahuan yang didapat bervariasi dari sedang sampai sangat puas. Indeks kepuasan bervariasi antara 0,79-0,86 (Grafik 3). Hal ini menunjukkan semua item pertanyaan mendapatkan respon berada di atas target walupun dibandingkan dengan kelompok lain lebih panjang rentang variasinya. Berdasarkan Grafik 3 dapat dilihat bahwa kemampuan adaptasi, dan etika integritas menduduki nilai yang cukup tinggi yaitu 0,86 sedangkan kepemimpinan dan inovatif berada di bawah 80, walupun masih di atas target.
Tracer studi terhadap pengembangan kemampuan berkomunikasi yang didapatkan selama studi meliputi kemampuan komunikasi verbal dan nonverbal, kemampuan bahasa inggris, toleransi dan menghargai perbedaan, negosiasi, dan membangun jejaring yang didapat bervariasi dari sedang sampai sangat puas. Indeks kepuasan bervariasi antara 0,70-0,88 (Grafik 4). Hal ini menunjukkan semua item pertanyaan mendapatkan respon berada di atas target walupun dibandingkan dengan kelompok lain lebih panjang rentang variasinya. Berdasarkan Grafik 4 dapat dilihat bahwa kemampuan untuk toleransi dan menghargai perbedaan menduduki nilai yang cukup tinggi yaitu 0,88 sedangkan kemampuan berbahasa inggris berada di angka 0,70 yang merupakan nilai respon kepuasan yang paling rendah.
Tracer studi terhadap pengembangan kemampuan manajerial yang didapatkan selama studi meliputi kemampuan manajemen waktu, bekerja secara mandiri, bekerja dalam tim, bekerja di bawah tekanan, kemampuan mengambil keputusan, dan project manjemen. Hasil yang didapat bervariasi dari sedang sampai sangat puas. Indeks kepuasan bervariasi antara 0,78-0,86 (Grafik 5). Hal ini menunjukkan semua item pertanyaan mendapatkan respon berada di atas target walupun dibandingkan dengan kelompok lain lebih bervariasi nilai indeks kepuaasannya. Berdasarkan Grafik 5 dapat dilihat bahwa kemampuan untuk bekerja didalam tim menduduki nilai yang cukup tinggi yaitu 0,86 sedangkan kemampuan manajemen waktu dan project manajemen berada di angka 0,78 yang merupakan nilai respon kepuasan yang paling rendah.
Rencana perbaikan pembelajaran:
- Memberikan tambahan pembelajaran terkait analisis data dengan program program khusus seperti workshop penyusunan karya ilmiah, kursus penggunaan statistik dalam penelitian dan atau pemanfaatan software statistic tertentu untuk analisis data.
- Mendorong dan menghimbau dosen pengampu untuk memberikan kesempatan danĀ feedback/masukan kepada mahasiswa pada proses pembelajaran sekaligus mengasah kemampuan softskill terkait kepemimpinan dan ide ide kreatif yang mampu memuncullkan jiwa inovatif baik dalam bentuk case-based learning (CBL) maupun Project Based Leaning (PBL)
- Secara terus menerus melakukan upaya kerjasama kerja sama dengan universitas luar negeri sehingga kesempatan pertukaran mahasiswa PSMIK ke univ LN semakin meningkat. Selain itu mengundang dosen dosen tamu dari dosen asing sehingga mampu meningkatkan kemampuan mahaiswa dalam berbahasa inggris. Menambah forum forum diskusi yang menggunakan komunikasi berbahasa inggris juga didorong dalam kegiatan mingguan atau bulanan.
- Memberikan pendampingan dan evaluasi yang lebih ketat terhadap tata kelola waktu selama studi dan juga dilakukan pelatihan dalam penyusuna kegiatan/projek dan memperbanyak keikutsertaan mahasiswa PSMIK dalam kegiatan dosen.
Gambar 1. Indeks penilaian lulusan terhadap pengetahuan yang didapatkan selama studi.
Gambar 2. Indeks penilaian lulusan terhadap pengembangan kemampuan pembelajaran yang didapatkan selama studi.
Gambar 3. Indeks penilaian lulusan terhadap pengembangan softskill yang didapatkan selama studi.
Gambar 4. Indeks penilaian lulusan terhadap pengembangan kemampuan berkomunikasi yang didapatkan selama studi.